Jumat, 08 Mei 2020

RPP Satu Lembar IPA Terpadu SMP/MTs

Salam Pembelajar!
Bapak/Ibu guru dimana pun berada, pasti mengalami kesulitan yang sama antara guru satu dengan yang lainnya dalam menyiapkan kegiatan pembelajaran. Khususnya untuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). RPP sejatinya sama halnya dengan sebuah teks skenario pada film, karena seluruh langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran harus dideskripsikan dalam sebuah rencana. Kegiatan pembelajaran akan mendapatkan hasil maksimal sesuai yang diharapkan apabila kegiatan tersebut terencana dengan baik.

Saya pribadi sedikit mengalami kesulitan saat awal tahun karena harus menyiapkan seluruh perangkat pembelajaran yang tebalnya lebih dari satu rim kertas (1 rim = 500 lembar), itu untuk satu jenjang kelas dan satu mata pelajaran. Sehingga pemerintah melalui Pak Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Nadiem Makarim) membuat terobosan baru terkait hal tersebut dengan mencetuskan RPP "satu lembar". 

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi contoh RPP Satu Lembar IPA Terpadu SMP/MTs (sesuai SE Mendikbud No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang dapat diaplikasikan dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi Bapak/Ibu di sekolah. Berikut link untuk mendownload-nya:

KELAS VII


KELAS VIII

Getaran dan Gelombang (Next)

KELAS IX



Demikian yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.
Salam 

2 komentar: